MY Consulting Center

August 25, 2009

Volatility spillover in Indonesia, USA, and Japan capital market

Filed under: Finance — Tags: , , , — MYCC @ 9:10 am

Kami telah melakukan penelitian mengenai volatility spillover pada pasar saham Indonesia, Amerika Serikat, dan Jepang. Bagi anda yang ingin melihat penelitian tersebut dapat mendownloadnya pada http://mpra.ub.uni-muenchen.de/16914/. Sementara itu, berikut ini adalah abstraksi dari penelitian tersebut.

Investasi dalam pasar saham merupakan salah satu alternatif bagi investor untuk menanamkan modalnya. Kita ketahui bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi, semakin memudahkan kita untuk memperoleh informasi dari pasar saham negara lain. Dengan demikian, volatilitas yang terjadi di dalam pasar saham domestik bisa saja dipengaruhi dari pasar saham negara lain.
Hal tersebut yang akan diteliti di dalam tesis ini, yakni mengenai volatility spillover. Adapun negara yang akan diteliti adalah Indonesia, Amerika Serikat, dan Jepang. Hal yang ingin diketahui adalah apakah terjadi volatility spillover antara Indonesia dengan dua pasar saham tersebut. Dan apabila terjadi volatility spillover, apakah sifatnya searah atau saling mempengaruhi.
Penelitian ini menggunakan data imbal hasil harian dari indeks pasar saham masing-masing negara (IHSG, S&P 500, dan Nikkei 225) dari periode 1 Januari 2004 hingga 31 Desember 2008. Adapun untuk melakukan pengujian terhadap volatility spillover akan menggunakan model ekonometrik GARCH (1,1).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi volatility spillover antara Indonesia dengan Amerika Serikat dan Jepang. Adapun volatility spillover dengan Amerika Serikat dan Jepang (baik contemporaneous maupun dynamic) signifikan dalam 1%. Sementara itu, volatility spillover antara Indonesia dengan Jepang adalah dua arah (saling mempengaruhi). Sedangkan, volatility spillover antara Indonesia dengan Amerika Serikat hanya bersifat searah (pasar saham Amerika Serikat mempengaruhi pasar saham Indonesia, namun tidak sebaliknya).

Martin S. Mulyadi

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: