MY Consulting Center

July 29, 2009

Economic Value Added (EVA)

Filed under: Accounting — Tags: , , — MYCC @ 9:24 am

Salah satu cara bagaimana kita menilai investasi yang kita tanamkan adalah dengan menggunakan Economic Value Added (EVA). Konsep dasar dari EVA ini adalah perhitungan dari seberapa besar penambahan kekayaan dari pemegang saham (investor).
Rumus sederhana dalam perhitungan EVA adalah:
EVA = Pendapatan Setelah Pajak – Investment Charge
Yang dimaksudkan dengan pendapatan setelah pajak adalah pendapatan dari perusahaan dimana kita menanamkan modal di dalamnya. Sementara itu, investment charge adalah:
Investment Charge = (Total Aset – Total Kewajiban Lancar) x Rata-rata tertimbang Biaya Modal
Total Aset dan total kewajiban lancar yang digunakan adalah data dari perusahaan dimana kita menanamkan modal didalamnya. Sedangkan, rata-rata tertimbang biaya modal merupakan perhitungan seberapa besar biaya untuk memperoleh modal yang diperlukan oleh perusahaan. Adapun perhitungan rata-rata tertimbang biaya modal adalah sebagai berikut:
[(Biaya Utang Setelah Pajak x Nilai Pasar dari Utang) + (Biaya Ekuitas x Nilai Pasar Ekuitas)] / [Nilai Pasar Utang + Nilai Pasar Ekuitas]
Secara sederhananya, biaya utang merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh utang. Biaya tersebut diantaranya adalah biaya bunga misalnya, sementara itu dari biaya tersebut harus kita kurangkan dulu dari pajak atas biaya utang tersebut. Contoh dari utang ini antara lain adalah utang bank, pinjaman jangka panjang, dan lain sebagainya.
Sementara itu, biaya ekuitas atau bisa juga disebutkan sebagai biaya saham merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penanaman modal dari investor berupa saham. Biaya saham yang paling umum adalah dividen yang dibagikan.
Selain untuk melakukan penilaian terhadap investasi yang kita lakukan, penggunaan EVA ini juga mulai berkembang di dalam perusahaan untuk menilai kinerja masing-masing dari unit bisnisnya. Salah satu contoh perusahaan yang menerapkannya adalah Siemens, yang melakukan perhitungan kompensasi yang diterima oleh manajer masing-masing unit bisnis berdasarkan EVA.

Martin S. Mulyadi

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: