MY Consulting Center

July 22, 2009

Bagaimana Proses Jual Beli Saham

Setelah kita menjadi nasabah dari suatu atau beberapa perusahaan efek, kita perlu memahami bagaimana sebenarnya mekanisme dari proses jual beli saham tersebut.
Apabila kita hendak membeli saham suatu perusahaan tertentu, yang perlu kita lakukan adalah menghubungi pialang dari perusahaan efek dimana kita menjadi nasabah. Ada juga cara lain yakni memberikan perintah jual atau beli melalui pesan layanan singkat (SMS) atau bahkan sekarang sudah berkembang kita dapat melakukan transaksi jual beli sendiri secara online dengan menjadi nasabah satu perusahaan efek tertentu. Namun, mekanisme umumnya adalh kita menghubungi pialang dari perusahaan efek dimana kita menjadi nasabahnya.
Kemudian kita menyebutkan saham perusahaan yang hendak dibeli, berupa jumlah lot yang hendak dibeli dan pada harga berapa anda bersedia untuk membayar satu lembar saham perusahaan tersebut.
Setelah mendapatkan order untuk membeli saham tersebut, maka kemudian pialang akan mencari investor yang hendak menjual sahamnya pada perusahaan yang sahamnya hendak kita beli. Bisa terjadi investor yang hendak menjual sahamnya tersebut juga pada kantor pialang yang sama dimana kita tercatat sebagai nasabahnya ataupun kantor pialang yang berbeda.
Kemudian, setelah didapatkan saham yang hendak kita beli kemudian broker akan melakukan negosiasi perihal harga beli/jual dari saham yang bersangkutan. Apabila kemudian tercapai kesepakatan, maka terjadilah transaksi jual beli tersebut.
Hal di atas merupakan ilustrasi bagaimana terjadi transaksi jual beli suatu saham. Namun, mekanisme teknisnya jual beli saham itu sendiri adalah ketika kita sebagai investor menginstruksikan kepada broker untuk membeli saham perusahaan tertentu maka instruksi beli kita tersebut akan dientry ke sistem perdagangan otomatis langsung dari kantor pialang ke sistem JATS (Jakarta Automated Trading System). Sistem komputer tersebut menggunakan sistem tawar menawar sehingga untuk aktivitas beli akan diambil dari harga tertinggi dan sebaliknya untuk aktivitas jual diambil dari harga terendah.

Yunita Anwar

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: