MY Consulting Center

July 21, 2009

Penggunaan SPT Masa PPH 21 Format Baru

Sehubungan dengan dikeluarkannya Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER-32/PJ/2009 sebagaimana juga ditegaskan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak SE-62/PJ/2009, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai perubahan-perubahan yang ditetapkan tersebut.
Hal paling esensial adalah perubahan format SPT Masa yang harus disampaikan setiap bulannya kepada KPP. Adapun penggunaan format baru dari SPT Masa PPH 21 adalah dimulai pada masa pajak Juli 2009, yang artinya disampaikan pada Agustus 2009. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa bersamaan dengan penyampaian SPT Masa PPH 21 untuk masa pajak Juli 2009, perlu juga dilaporkan Daftar Pegawai/Penerima Pensiun Berkala yang diisikan ke dalam lampiran 1721-T.
Sementara itu, apabila terdapat perubahan pegawai tetap (keluar, masuk, atau baru memiliki NPWP) maka pemotong PPH 21 wajib untuk melaporkannya dengan menggunakan lampiran 1721-II. Sedangkan pada setiap masa pajak Desember, terdapat kewajiban untuk melampirkan lampiran 1721-I yang merupakan rekapitulasi dari formulir 1721-A1 dan 1721-A2 yang dikeluarkan oleh pemotong pajak. Dalam hal akan dilakukan pembetulan atas SPT Masa PPH 21 sebelum masa pajak Juli 2009, maka pembetulan tersebut menggunakan formulir SPT Masa PPH 21 bentuk yang lama (sebelum diberlakukannya PER-32/PJ/2009 ini).
Dalam pengisian lampiran 1721-T, yang perlu disiapkan adalah NPWP dari pegawai tetap yang bekerja, status pegawai yang bersangkutan (TK, K, K/I, PH, HB), jumlah tanggungan yang ditanggungnya serta tentunya nama pegawai yang bersangkutan. Sedangkan untuk pengisian formulir SPT Masanya sendiri relatif hampir sama dengan formulir yang sebelumnya, hanya perbedaan format yang tidak terlalu esensial. Hanya, perlu juga diperhatikan ketentuan mengenai PPH 21 yang telah berubah (misalnya besaran biaya jabatan) yang telah ditetapkan melalui Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER-31/PJ/2009.

Martin S. Mulyadi

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: