MY Consulting Center

July 6, 2009

Indeks Hang Seng

Filed under: Finance — Tags: , , — MYCC @ 2:30 pm

Indeks Hang Seng yang seringkali kita dengar dalam pembahasan mengenai saham merupakan sebuah indeks pasar saham berdasarkan kapitalisasi tertimbang di Hong Kong. Indeks tersebut digunakan untuk mencatat dan memonitor perubahan harian dari perusahaan-perusahaan terbesar di Hong Kong dan adalah merupakan indikator utama dari keseluruhan performa pasar di Hong Kong. Indeks ini merepresentasikan sekitar 65% dari kapitalisasi Hong Kong Stock Exchange.
Indeks Hang Seng ini dimulai pada 24 November 1969, dimana dikompilasi dan dimaintain oleh HSI Services Limited, yang merupakan anak perusahaan dari Hang Seng Bank, bank terbesar yang terdaftar dan tercatat di Hong Kong dalam hal kapitalisasi pasar. Ketika pertama kali dipublikasikan, nilai dasar 100 ditetapkan ekuivalen dengan total nilai saham pada saat penutupan pasar tanggal 31 Juli 1964.
Adapun saham yang tercatat di dalam HSI (Hang Seng Index) diseleksi dengan analisa yang mendalam, dan dengan konsultasi dengan pihak eksternal. Agar dapat masuk ke dalam indeks tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah:
• Harus berada diantara top 90% dari total harga pasar semua saham biasa.
• Harus berada diantara top 90% dari total turnover dari Stock Exchange of Hongkong Limited).
• Harus sudah terdaftar pada bursa minimal 24 bulan.
Indeks Hang Seng ini merupakan salah satu indikator utama pergerakan bursa di Hong Kong selain juga terdapat indeks-indeks lainnya diantaranya adalah Hang Seng Compsite Industry Indexes, Hang Seng Freefloat Index, dan lainnya.
Indeks ini menjadi salah satu pembanding dalam kinerja pasar saham Hong Kong dengan kinerja pasar saham di negara belahan Asia lainnya. Indeks Hang Seng turun lebih dari 3,5 persen pada 13 Maret 2008 diakibatkan oleh kekhawatiran investor akan terus menurunnya nilai dolar Amerika dan permasalahan yang berkelanjutan pada ekomomi Amerika Serikat.

Martin S. Mulyadi

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: