MY Consulting Center

July 3, 2009

Membuat Laporan Keuangan Pribadi

Segala sesuatu dimulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar. Perlu adanya latihan, pengalaman dan kemampuan untuk mencoba hal yang besar. Maka dari itu dalam hal mengelola keuangan hendaknya dimulai dari diri sendiri yaitu dengan belajar membuat laporan keuangan pribadi.
Seseorang yang ingin mengelola keuangan pribadi perlu membuat suatu catatan. Dimana catatan ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan. Catatan ini sama halnya seperti neraca dan laporan rugi/laba di dalam perusahaan. Dimana neraca menggambarkan struktur keuangan dan laporan laba/rugi menggambarkan operasional keuangan.
Di dalam neraca tercakup Asset/aktiva, Liabilities/hutang, Capital/modal. Dimana harus ada keseimbangan antara aktiva dengan hutang dan modal.
Aktiva = Hutang + Modal
Di dalam laporan laba/rugi tercakup pendapatan dan biaya-biaya yang dikeluarkan. Dimana laporan laba/rugi ini dapat menunjukkan seberapa efisien seseorang dalam mengelola keuangannya. Jika pendapatan lebih besar daripada biaya maka hasilnya laba dan sebaliknya.

Yunita Anwar

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: