MY Consulting Center

July 2, 2009

Menilai Kinerja sebuah Investasi dengan Residual Income

Filed under: Accounting — Tags: , — MYCC @ 3:33 pm

Sebelum memutuskan untuk memulai berinvestasi pada suatu hal, tentunya kita harus melakukan perhitungan-perhitungan yang matang terlebih dahulu untuk memastikan bahwa investasi kita ini adalah menguntungkan.
Ada beberapa cara yang lazim digunakan untuk melakukan penilaian kinerja terhadap sebuah investasi, di antaranya adalah dengan menghitung Return on Investment (ROI), Economic Value Added (EVA), dan juga Residual Income. Pada artikel ini, saya akan coba membahas mengenai Residual Income.
Konsep dasar dari Residual Income ini adalah seberapa banyak keuntungan dari perusahaan yang kita berinvestasi di dalamnya setelah dikurangi dengan modal yang diinvestasikan. Hal inilah yang menyebabkan metode ini disebut sebagai residual income, atau pendapatan residu karena melakukan perhitungan seberapa banyak profit yang tersisa. Perhitungan Residual Income adalah sebagai berikut:
Residual Income = Profit – (Invested Capital x Required Rate of Return)
Profit merupakan keuntungan dari perusahaan dimana kita berinvestasi di dalamnya, sementara itu yang disebutkan sebagai required rate of return adalah seberapa besar tingkat pengembalian yang kita harapkan sebagai seorang investor.
Apabila kita akan memperbandingkan beberapa alternatif berinvestasi, maka sebaiknya adalah membandingkan beberapa alternatif yang ada dengan cara pembanding yang sama. Misalnya, sama-sama dinilai/dievaluasi berdasarkan Residual Incomenya atau ROI-nya. Semakin tinggi Residual Income adalah semakin baik kinerja dari perusahaan tersebut.

Martin S. Mulyadi

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: